Laman

Jumat, 27 Maret 2015

Lirik lagu Gemu Famire / Maumere - Trio Elexis dan artinya

Ini Lirik lagunya : "Gemu Famire / Maumere - Trio Elexis"

Maumere da gale kota Ende ( mau mere merupakan kota penuh dengan nyanyian)
Pepin gisong gasong ( merupakan kata nada pelengkap )
Le'le luk ele rebin ha

Maumere da gale kota Ende
Pepin gisong gasong
Le'le luk ele rebin ha

La le le luk sila sol
Mi fa mi fa sol
Le'le tiding fa fa
Rebing mude mi

Do do do do mi do mi do gemu fa mi re
ele le... ele le...
la le le luk sila sol
mi fa mi fa sol
le'le tiding fa fa
Rebing mude mi
Do do do do mi do mi do gemu fa mi re (Mmm... Manis)

Maumere da gale kota Ende
Pepin gisong gasong
Le'le luk ele rebin ha

Maumere da gale kota Ende
Pepin gisong gasong
Le'le luk ele rebin ha

Putar ke kiri e...
Nona manis putarlah ke kiri
ke kiri ke kiri ke kiri dan ke kiri ke kiri ke kiri ke kiri manis e..
Sekarang kanan e..
Nona manis putarlah ke kanan
ke kanan ke kanan ke kanan dan ke kanan ke kanan ke kanan ke kanan manis e..

(Mulak tu ##)  ( kembali ke ##)

Sumber : http://liriklagurinalpurba.blogspot.co.id/

Tentang Lagunya/arti :
Judul lagunya : Gemu Famire / "lirik lagu mau mere versi batak"
Cipttanya : NTT
Artis atau penyanyinya : Trio ELexis

Dimedan lagu ini sangat familiar untuk di dengarkan, karena dipopulerkan oleh penyanyi medan tersebut yaitu trio elexis, di kota lain menurut berbagai sumber juga saya mendaptkan heboh juga, seperti di Bandung, Cibubur, Manado apalagi, gorontalo, NTT, jakarta dan lainya. tapi setelah saya mencari di berbagai sumber arti lagu keseluruhan sulit untuk di cari karena memang lagunya tersebut saya rasa merupakan campuran dari berbagai lagu daerah di berbagai kota indonesia.

Kesimpulan saya tentang arti lagu tersebut adalah dimana lagu ini dahulunya sejak berpuluh tahun lamanya sudah sangat populer dan dipakai di berbagai event jikalau ada latihan untuk menghafal not atau lagu, seperti di gerja, sekolah, dan acara lainya.

Disamping itu juga lagunya sangat Riang mengajak kita untuk bergoyang berputar manis, membuat kita merasa bahagia dan jangan bersedih terus. ini lah kurang lebih yang diungkapkan apa yang di dalam lirik lagu tersebut. kurang lebihnya mungkin ada sedikit yang lebih tahu tentunya adalah penyanyi yang menyanyikan lagu tersebut. sayang nya sang penyanyi pula tidak pernah sekalipun memberitahu kepada kita apa artinya karena tidak ada yang menanyakan kepada dia langsung tentunya

Menjamur nya lagu ini tentunya juga menjadi kebahagian tersendiri juga kepada kita tentang kekuatan (POWER OF SONG) sebuah lagu yang mampu menunjukkan keindahan keberagaman yang tentunya berbeda kita bisa dan Bangga!! bahkan di tempat saya banyak menggunakan lagu ini menjadi lagu untuk mencairkan suasana biar tidak terlalu tegang, nah kalau di kota anda bagai mana GAN !!

23 komentar

sedikit koreksi bahwa lagu gemu fa mi re ini aslinya berasal dari daerah Maumere, Kabupaten Sikka, NTT dimana syair/liriknya serta aransemen musik oleh Nyong Franko dan dinyanyikan oleh Alfred Gare..apabila ada dalam versi batak dan lainnya itu hanyalah perubahan pada aransemen musiknya saja sedangkan lirik/syairnya tetap sesuai aslinya memakai bahasa daerah Sikka

wahh maksih bangat infonya bang, sangat Membantu. salam kenal

Nadanya asyik....
Lirik nya unik walaupun gk tau artinya :-) pertama tau dan denger lagu ini pd saat sy di papua (NTT ke papua lumayan dekatlah) dan sy bru tau ternyata ada versi bataknya

Dari liriknya aja udh ketahuan maumere ama ende, kan dari ntt tuh, bukan dari batak

MAKASIH INFO,
KALO BISA DI KASI ARTI DAN MAKNA LAGU GEMU FAMIRE INI YA,TKS

Tapi videonya kok bulek2 gitu.... Bkn dr NTT....?

Tapi videonya kok bulek2 gitu.... Bkn dr NTT....?

ia. itulah bukti bahwa lagunya sangat terkenal, bukan di Ntt Saja bahkan hampir seluruh nusantara

ende maksudnya disini bukan kota bro tapi lagu....Maumere da gale kota Ende artinya Maumere kota penuh lagu....

Gak penting lagunya dari daerah mana .yg penting asli lagu indonesia dan daerah indonesia. Jangan sampai di klaim lagi sama negara negara lain. #putarlahkekirikekiri

Yoikkk.. Betruuullll tu.... Klo smpe ada yg klaim lagu ini... Mari qt serbu #putarlahkekanankekanankekananmaniseeee.......

"bae sonde bae tanah timor lebe bae" SALAM FLOBAMORA

Horas kota Ende.... #maricintalaguprodukIndonesia menandakan antar suku di Indonesia bersatu agar tidak diklaim oleh bangsa luar Indonesia....

Lagunyaaa kreeennn...
Kemaren wktu hri guru lagu n tarian ini di pakai oleh guru di smk 3 medan sbagai tarian..kerennn...

Mini ni lagu yang sering diputerin tetangga saya. Dari pagi hingga malam dan sekarang masih juga puterin lagunya. Geram saya jadi tetangganya bising.
TAPI TETAP MANISEEEEEEE

Nekad... Ende itu nama kota di Flores... Maumere di sebelah Ende... Maumere da gale kota Ende artinya Dari Maumere pergi ke kota Ende... saya kebetulan lahir dan besar di Ende lalu hijrah ke Jogja...

Nekad... Ende itu nama kota di Flores... Maumere di sebelah Ende... Maumere da gale kota Ende artinya Dari Maumere pergi ke kota Ende... saya kebetulan lahir dan besar di Ende lalu hijrah ke Jogja...

Jika saya simak lagunya, ternyata lirik pertamanya pakai gagahe kota Ende,,apakah karena pendengaran kurang baik?.

Ini lagu dari Flores dan tidak ada hubungan dengan Batak. Hanya karena enak didengar dan riang, sering dibawakan di pesta Batak dan dibuat versi bahasa Batak dengan irama yang sama.

Maumere da gale kota Ende ( mau mere merupakan kota penuh dengan nyanyian) ini artinya benar aja kh?

Maumere da gale kota Ende ( dari mau maumere kesana kota Ende ) yg menujukan arah. Itu sih kalau r bahasa Ende.. kalau di bilang artinya maumere kota penuh dengan nyanyian itu pake bahasa ap?????

Saya sering dngr lgu ini, tapi yg paling dan selalu terngiang2 denger lagu ini ketika menyaksikan adik saya dalam acara penyematan Sersan dua Dikmaba TNI AL angktan XXXV. karena moment nya sangat berarti di tambah suasananya sukacita,, jadi kapanpun dan dimanapun saya denger lagu ini,, akan selalu teringat moment spesial itu.
Jaya lah selalu Lagu2 daerah indonesia.
Jayalah Indonesiaku.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA , SILAHKAN BERI MASUKAN TENTANG SITUS INI DAN PERASAAN ANDA TENTANG LAGU TERSEBUT

Back To Top